RPP Alquran Hadits Kelas 4 Semester Genap Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah/Madrasah : MI Salafiyah
Matapelajaran
:
Al-Qur’an Hadits
Kelas/Semester
: IV/II
Materi
Pokok :
Q.S. Al Lahab (111)
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit (2 pertemuan)
A. KOMPETENSI
INTI
1.
Kompetensi
Inti (KI 1):
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.
Kompetensi
Inti (KI 2):
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
3.
Kompetensi Inti
(KI 3):
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain
4.
Kompetensi Inti
(KI 4):
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1 Mengetahui arti Q.S. al-Lahab (111)
|
31.1. menjelaskan pengertian nama surat Q.S. al-Lahab
3.1.2. menyebutkan jumlah ayat Q.S. al-Lahab
3.1.3. menjelaskan tempat turunnya Q.S. al-Lahab
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan berceramah Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian nama QS. Al-Lahab
dengan benar.
2.
Melalui tanyajawab
peserta didik dapat menyebutkan jumlah ayat Q.S. al-Lahab dengan benar
3.
Melalui diskusi
peserta didik dapat menjelaskan turunnya Q.S. al-Lahab dengan tepat.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
Q.S. al-Lahab, arti surat tersebut adalah Gejolak Api, terdiri dari 5 ayat, diturunkan di mekah. Bunyi Q.S. al-Lahab adalah berikut:
ôM¬7s? !#yt Î1r& 5=ygs9 ¡=s?ur ÇÊÈ !$tB 4Óo_øîr& çm÷Ytã ¼ã&è!$tB $tBur |=|¡2 ÇËÈ 4n?óÁuy #Y$tR |N#s 5=olm; ÇÌÈ ¼çmè?r&tøB$#ur s's!$£Jym É=sÜysø9$# ÇÍÈ Îû $ydÏÅ_ ×@ö7ym `ÏiB ¤|¡¨B ÇÎÈ
1. Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan Sesungguhnya Dia akan
binasa.
2. Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia
usahakan.
3. Kelak Dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak.
4. Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar.
5. Yang di lehernya ada tali dari sabut.
E. METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah, tanyajawab, diskusi
F.
MEDIA, ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media:
LCD, kartu ayat
2.
Alat/Bahan:
spidol, kertas
3.
Sumber
Pembelajaran: buku siswa, juz Amma, LKS
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan
Kesatu:
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
· Guru mengucapkan salam dilanjutkan berdoa bersama
· Guru memperkenalkan diri dan mengenal peserta didik melalui absensi
· Guru mempersiapkan fisik
dan psikis peserta didik dengan mengajak senam tangan
· Guru menjelaskan tujuan
mempelajari materi serta kompetensi yang akan dicapai
· Guru membentuk kelompok belajar (diskusi)
b.
Kegiatan
Inti (50 menit):
· Mengamati
Ø Peserta didik mendengar penjelasan guru tentang arti nama surat,
jumlah ayat, serta tempat turunnya QS. Al-Lahab.
Ø Peserta didik menyimak kartu ayat QS. Al-Lahab
pada kertas karton serta tayangan LCD
· Menanya
Ø Melalui stimulus guru, peserta didik bertanya tentang hal-hal yang
belum difahami pada QS. Al-Lahab
Ø Peserta didik/guru bertanya cara melafalkan QS. Al-Lahab dengan
benar dan fasih
· Eksplorasi/eksperimen (menggali/mengumpulkan data)
Ø Peserta didik melalui belajar kelompok berlatih cara membaca QS.
Al-Lahab yang benar dan fasih
Ø Peserta didik berlatih membaca arti nama surat, jumlah ayat, serta
tempat turunnya QS. Al-Lahab
· Mengasosiasi
Ø Antar peserta didik membetulkan cara membaca QS. Al-Lahab yang
belum tepat
Ø Peserta didik belajar menulis/merumuskan tempat turunnya ayat,
jumlah ayat, serta arti nama surat
· Mengkomunikasikan
Ø Secara bergantian, peserta didik melafalkan QS. Al-Lahab di depan
kelas
Ø Pesera didik mempresentasikan hasil diskusi tentang arti nama
surat, jumlah ayat, serta tempat turunnya ayat.
c.
Penutup
(10 menit):
· Guru mengadakan refleksi hasil pembelajaran
· Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
· Guru mengadakan tes tulis/lisan
· Guru memberikan pesan-pesan moral terkait dengan materi atau
penanaman sikap, baik spiritual maupun sosial
· Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya
· Guru mengajak berdoa dan diakhiri dengan salam
H. PENILAIAN
1. tes lisan bentuk tanyajawab
a. apa arti nama surat
Al-Lahab!?
b. sebutkan jumlah ayat
QS. Al-Lahab!
c. jelaskan tempat
turunnya QS. Al-Lahab!
Kunci jawaban dan skor:
a.
........................................................
b.
........................................................
c.
........................................................
1.
Performance kerja kelompok QS.
Al-Lahab:
No
|
Nama
PD
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai
|
Ket.
|
|||
Keaktifan
|
Antusias
|
Disiplin
|
Skor
|
||||
1
|
Indra
|
2
|
3
|
1
|
3
|
2
|
Remidi
|
2
|
Syahrini
|
3
|
4
|
4
|
11
|
3.66
|
tuntas
|
dst
|
Penskoran:
Skor 4 jika keaktifan, antusias, disiplin SANGAT BAIK
Skor 3 jika keaktifan, antusias, disiplin BAIK
Skor 2 jika keaktifan, antusias, disiplin CUKUP BAIK
Skor 1 jika keaktifan, antusias, disiplin KURANG BAIK
Skor perolehan
6
Nilai =-------------------- x 4/100
Skor maksimal 12
Mengetahui
Kepala
Madrasah
Hj.Maslahah,M.Pd.I
NIP. 19660201
198903 2 003
|
Tajungsari,
Guru Mapel
Jupri
|