RPP Al-quran Hadits Kelas 4 Semester Ganjil Kurikulum 2013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah/Madrasah : MI
Salafiyah
Mata
Pelajaran : Alquran
hadits
Kelas/Semester
: IV/ 1
Materi
Pokok :
Hadist Tentang Taqwa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. KOMPETENSI INTI
1. Kompetensi Inti (KI 1):
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2. Kompetensi Inti (KI 2):
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3. Kompetensi Inti (KI 3):
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain..
4. Kompetensi Inti (KI 4):
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.3 Meyakini bahwa semua
rezeki dan pertolongan
pada hakikatnya berasal dari Allah SWT.
|
|
2.3.
Memiliki perilaku takwa dan mencintai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
|
|
3.7
Mengetahui arti hadis tentang
takwa riwayat at- Tirmizi dari Abu Zar
(….ﺖﻨﻛﺎﻤﺜﻴﺣ
ﻪّﻠﻟا ﻖﺗا)
|
3.7.1
menyebutkan arti i hadis tentang
takwa riwayat at- Tirmizi dari Abu Zar
(….ﺖﻨﻛﺎﻤﺜﻴﺣ
ﻪّﻠﻟا ﻖﺗا)
3.7.2 menjelaskan pengertian taqwa
3.7.3 mencontohkan perilaku taqwa dalam kehidupan sehari –hari
|
Melalui pendekatn mengamati, menanya, mengeksplorasikan, mengkomunikasikan mengasosiasi. dengan metode discovery learning peserta didik
mampu:
ü menyebutkan
arti i hadis tentang takwa riwayat at- Tirmizi dari Abu Zar
(….ﺖﻨﻛﺎﻤﺜﻴﺣ ﻪّﻠﻟا ﻖﺗا)
ü menjelaskan
pengertian taqwa
ü mencontohkan
perilaku taqwa dalam kehidupan sehari
–hari
D.
Materi Pembelajaran :
عَنْ اَبِيْ ذَرٍّ قَالَ
: قَالَ رَسُوْلُ اللّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ
اِتَّقِ اللَّهَ
حَيْثُمَا كُنْتَ,وَاَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَ خَالِقِ
النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ
(رواه الترمذى)
Terjemah Hadis Tentang
Takwa
Dari
Abu Dzar r.a. berkata :"Rasulullah SAW. bersabda :"Bertakwalah kepada
Allah di manapun kamu berada, dan ikutilah perbuatan buruk itu dengan perbuatan
baik, niscaya akan menghapuskannya dan bergaullah kepada manusia dengan akhlak yang baik
(HR.at-Tirmidzi
)
E. METODE
PEMBELAJARAN :
1.
Discovery Learning
- Tanya Jawab
- Drill
- Demonstrasi
- Penugasan
F. MEDIA, ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
ü LCD projector/multimedia
berbasis ICT atau media lainnya
ü
Poster tulisan hadist tentang taqwa
ü
Kartu kata lafal dan arti hadist tentang
taqwa
ü
Gambar yang berhubungan dengan isi kandungan hadist tentang taqwa
ü ALAT/BAHAN : kartu hadist
ü SUMBER PEMBELAJARAN
:
Buku paket
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (5 menit)
ü Guru mengucapkan salam dan mengajak berdoa peserta
didik bersama-sama
ü Guru memeriksa kehadiran siswa
ü Guru mempersiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan mengajak
senam tangan
ü Guru menjelaskan tujuan mempelajari materi serta kompetensi yang
akan dicapai
ü Guru mengaitkan materi pelajaran dengan materi
sebelumnya
b. Kegiatan Inti:
Ø Mengamati
Ø Peserta didik mengamati tulisan hadist tentang taqwa
Ø Peserta didik mendengarkan guru melafalkan hadist
tentang taqwa
Ø Peserta didik menirukan guru melafalkan hadist tentang
taqwa
Ø Peserta didik mendengarkan guru mengartikan hadist
tentang taqwa
Ø Peserta didik menirukan guru mengartikan hadist
tentang taqwa
Ø Menanya
Ø Guru memberi motivasi
Ø Guru menanyakan hal –hal yang berhubungan dengan hadist tentang
taqwa
Ø Peserta didik member tanggapan
Ø Eksplorasi/eksperimen
Ø Peserta didik
mengurutkan potongan ayat dengan kartu ayat
Ø Mengasosiasi
Ø Peserta didik
dapat membiasakan berperilaku
jujur dan amanah
Ø Mengkomunikasikan
Ø Peserta didik
mendemontrasikan arti hadist tentang taqwa
c. Penutup:
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan
Guru mengadakan
evaluasi/penguatan
Guru memberi motivasi agar
pesreta didik selalu berperilaku yang
menceminkan sikap taqwa
a. Penutup (10 menit):
Ø Guru mengadakan refleksi hasil
pembelajaran
Ø Guru bersama peserta didik menyimpulkan
hasil pembelajaran
Ø Guru mengadakan tes tulis/lisan
Ø Guru memberikan pesan-pesan moral
terkait dengan materi atau penanaman sikap, baik spiritual maupun sosial
Ø Guru menjelaskan secara singkat materi
yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
1.
Penilaian
1.
Jenis/teknik penilaian
Tes
Non tes
2.
Bentuk instrumen dan instrumen
Tes tulis : daftar pertanyaan
Observasi :lembar observasi
3.
Pedoman penskoran
Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1. Tulislah bunyi hadist tentang taqwa!
2. Tulislah arti dari hadist tentang taqwa!
3. Jelaskan pengertian taqwa menurut istilah!
4. Berilah 2 contoh perilaku taqwa disekolah!
5. Berilah 2 contoh perilaku taqwa
di rumah!
Kunci jawaban :
1.
عَنْ اَبِيْ ذَرٍّ قَالَ
: قَالَ رَسُوْلُ اللّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ
اِتَّقِ اللَّهَ
حَيْثُمَا كُنْتَ,وَاَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَ خَالِقِ
النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ
(رواه الترمذى)
2.
Terjemah
Hadis Tentang Takwa
Dari
Abu Dzar r.a. berkata :"Rasulullah SAW. bersabda :"Bertakwalah kepada
Allah di manapun kamu berada, dan ikutilah perbuatan buruk itu dengan perbuatan
baik, niscaya akan menghapuskannya dan bergaullah kepada manusia dengan akhlak yang baik
(HR.at-Tirmidzi
)
3 Taqwa adalah menjalankan perintah Allah
swt.dan menjahui larangannya
4. a.Ketika guru menerangkan siswa memperhatikan
b.tidak mencontek ketika ulangan
5. a.Patuh terhadap kedua orang tua
b.menjalankan solat 5 waktu
Pedoman Penskoran :
Jumlah
jawaban benar X 2
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
Hj.Maslahah,M.Pd.I
NIP. 19660201 198903 2 003
|
Tajungsari,
Guru Mapel
Jupri
|